Laman

Minggu, 17 Januari 2010

Said bin Musayyab vs Abdul Malik

Said bin Musayyab (atau Musayyib), ulama' besar dr kalangan tabi'in yg ahli hadits dan fiqih, juga punya pengalaman pahit dengan kerajaan Umayyah.
di waktu Abdul Malik bin Marwan membaiat dua orang putranya, Walid bin Abdul Malik dan Sulaiman bin Abdul Malik sebagai putra mahkota, Said menentang keras pada pembaiat trsbut.
Gubernur Madinah menulis surat kpd Khalifah tentang sikap Said. surat itu dibalas oleh Khalifah dgn kasar.
"untuk apa engkau mlaporkan hal itu kpdaku? sungguh aku tdk prnh takut kpd Said. bila brita ini tlah menyebar luas ke sluruh kota, maka paksalah agar ikut membaiat. jika tdak mau, cambuklah seratus kali, cukur rambut dan jenggotnya. dan reret dia ke pasar agar menjadi plajaran bagi yg lain".
gubernur brusaha membujuk Said, namun sia-sia. dgn tegas Said menjawab, "selagi siang dan malam masih brganti, saya tdk akan prnah membaiat dua orang karena hal ini di larang oleh Nabiku".
akhirnya menantu Abu Hurairah ra. itu di siksa sesuai dgn perintah Khalifah.
bajunya di lepas dan di ganti dgn kain kasar dan panas, lalu dicambuk seratus kali hingga tubuhnya bercucuran darah. rambut dan jenggotnya di gundul kemudian di giring ke pasar.

riwayat lain menyebutkan bhw Abdul Malik mempunyai dendam pribadi kpd Said. ia pernah melamar putri Said bin Musayayyab untuk di kawinkan dengan putranya, Walid bin Abdul Malik namun lamaran itu di tolak oleh Said................
wallahu a'lam.....
tunggu crita2 brikutnya...he

19 komentar:

Unknown mengatakan...

mari...mari...mari....

partelon mengatakan...

engghi... engghi... engghi... :)

partelon mengatakan...

bhuh, se nyongopah komen usa mendapat du'-'a' restHu, hihihi...

Anonim mengatakan...

hahaha......kadih pnapah caranah biar tak usa kadih kakdintoh?
pe pngaturan komentar kakdisah engki?
mangken ghik e tek otekkah...

partelon mengatakan...

Tes dhimin...

partelon mengatakan...

Laaaaaaaaaaaaaaaa... eSSip!

partelon mengatakan...

nyatore pas laMsuM ka Partelon... :)

syifa'ul qolbi mengatakan...

Congratulation...

Anonim mengatakan...

@ra,zainur: alhamdulillaah....
oh,mator skalangkong...
mander ngagungenah bektoh.,.
@blgs; trimakasih banyak...
tp msh bnyak cacat,maklum ini mrni tnp guru dan bru skarang nyobak kayak gini...
mohon koreksix..

Anonim mengatakan...

haduh nie tah ya dr td dpublkskan fb. Ye la dek ngerteh lah. Tau dr spa sie dek mik pakdepak? Hehe

Anonim mengatakan...

ini mb' anis ya??
q gak blajar sma siapa2 mb,murni otodidak...
pake hp lagi...

Anonim mengatakan...

ya nie mb" u. Untg ja q g pke hp 8310 jek anunah tak pakdepak ka blogr u.hehe

Anonim mengatakan...

@mb' anis yg ca'em...
aduuhh...mb',bner memang,man jadda wajadda...
mskh q gak punya ke ahlian husus dan meang btul2 gak tahu,tp hamdalah akhrx bs juga buat bloh...
eh bentar...emang mb' gak pake yg e63 itu tah?
atau ganti yg layar sntuh skarng?

Anonim mengatakan...

Bagus tulisannya mz,,,,,

Reng Uniq mengatakan...

@duyin: skalangkong le'....
tp jika ada kekurangan2 mohon koreksix ya...

Anonim mengatakan...

ya q dah pke lyar sntuh dek, lbh ni"meh, ngasalorot polanah lgsug ngangguy tangan. Tp kalo mb" pngn bwt nie msuk dmn dlu ya dek. Pola bs roknorok otddak.hehehe

Reng Uniq mengatakan...

@mb'....beh,kpan ganti lagi?
yg e63 mana mb'?
ayo ksh aku aja....hahaha
eh...hp apaan itu ya mb'?

partelon mengatakan...

@Ra Uniq: maksodhe, sebellum ke partelon yang asli, nyatore ke partelon.blogspot.com dhimin, hehehe...

Reng Uniq mengatakan...

Ooo.....ealaaaahh. ...
engki,engki...
taklangkong abdinah ghik tak pateh faham kakdintoh...he

bagaimana kesan anda dengan melihat blog sederhana ini...??

Plurk

Reng Uniq's Fan Box

Reng Uniq on Facebook

Penggemarku...^_^

Si Uniq

Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia
saya tidak sekolah atau mondok... saya tinggal di perkampungan,tepatnya di bla,bla,bla... saya katrok alias kampungan... tapi saya tidak malu akan hal itu... justru saya malu bila saya tidak mengatakan diri saya yang sebenarnya... {Hidup ini Indah} Aku tahu kalau hidup ini adalah pilihan, tapi aku bingung apa yg harus ku pilih dalam hidupku? mungkin orang bilang aku tidak punya prinsip tapi kadang prinsip itulah yg membuat orang stagnan dan kaku... aku tahu kalau aku orang yg bingung tp aku bingung, mencari pengetahuan. emmm. . . . entah sampai kapan kehidupan ini berputar,memutar jalan hidupku yg tak menentu... Bagiku. . . jalanku adalah jalanku yg tak perlu orang lain tahu. aku hanya ingin menikmati, menghayati hidupku walau banyak orang tahu... aku menikmati dalam stiap hembusan nafasku, stiap langkah kakiku, bahkan di setiap denyut nadikt... karna aku yakin, hidupku adalah anugerah dari yg maha tahu.... tapi kini. . . diriku bukan diriku. karena aku ada bila orang lain merasakan bahwa aku ada.... aku lahir dari tutur kata yg bijak... maka aku bangkit dengan prilaku yang bijak... dan pada saatnya aku akan mengatakan hidup ini indah.... wassalam...